Pilihan Ruang Lingkup Berwirausaha

Posted on

Perlu kita ketahui bersama bahwa profesi tidak hanya sebatas bekerja dengan orang lain, seperti menjadi karyawan atau buruh misalnya. Jika Anda merasa bosan, Anda bisa mencari jalan lain yang mungkin lebih efektif dan hasilnya lebih maksimal. Cobalah untuk memulai bisnis baru dengan berwirausaha. Apa itu wirausaha?

Apa saja ruang lingkup wirausaha yang bisa Anda pilih? Tenang saja, ada banyak pilihan berwirausaha yang mungkin salah satunya sesuai dengan kemampuan Anda. Ruang lingkupnya meliputi:

Bidang Agraris

Bidang agraris mencakup pertanian, seperti padi, jagung, sayuran (umur pendek) atau buah-buahan (umur panjang). Ada juga bidang perkebunan yang mencakup cengkeh, teh, kopi, dan sebagainya, hingga bidang kehutanan yang mencakup jati, pinus, dan sebagainya.

Bidang Perikanan

Berwirausaha di bidang perikanan bisa berupa usaha pembibitan ikan, pemeliharaan ikan, atau pendistribusian hasil panen ikan.

Bidang Peternakan

Ada dua jenis wirausaha di bidang peternakan, yaitu unggas (bebek, ayam, itik, dsb) dan mamalia (sapi, kambing, domba, kerbau, dsb).

Bidang Industri

Dalam bidang industri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu industri kecil seperti misal kerajinan tangan atau makanan tradisional, industri menengah seperti konveksi atau pengrajin batik, dan industri besar seperti usaha onderdil kendaraan.

Bidang Pertambangan dan Energi

Tambang emas, timah, minyak bumi, gas alam.

Bidang Perdagangan

Perdagangan kecil seperti kaki lima, menengah seperti distributor barang, dan perdagangan besar seperti agen barang.

Bidang Jasa

Pedagang perantara, pengusaha angkutan umum, penyewaan barang, asuransi, bengkel, penjahit, dan sebagainya.

Wirausaha adalah sebuah kemampuan seseorang melihat peluang bisnis, lalu mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkannya untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan tersebut yang bisa memastikan kesuksesan. Sedangkan pengertian kewirausahaan adalah, sikap, perilaku serta kemampuan seseorang dalam menangani sebuah bisnis atau usaha yang kegiatan atau usahanya mencakup upaya kerja teknologi atau membuat produk baru dengan cara meningkatkan efisiensi agar bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Nah, sebelum masuk ke pembahasan mengenai ruang lingkup wirausaha. Banyak yang bertanya apakah semua wirausahawan akan sukses atau tidak? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Semua itu tergantung dari usaha dan kerja kerjas dari wirausahawan itu sendiri. Jika usaha yang dikeluarkan sedikit, tentu hasil yang akan didapatkan juga sedikit, begitu pula sebaliknya. Jika usaha yang dikeluarkan maksimal, tentu hasilnya akan maksimal juga.

Lalu apa sebenarnya tujuan dari kewirausahaan itu sendiri? Tujuan dari kewirausahaan sebenarnya adalah untuk menambah jumlah wirausahawan berbakat, kreatif dan berkualitas, bisa membuat masyarakat Indonesia lebih sadar bahwa dengan berwirausaha seseorang bisa menjadi lebih tangguh dalam berbisnis, dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Manfaat dari berwirausaha juga banyak, diantaranya adalah menambah lapangan pekerjaan di lingkungan sekitar. Dengan berwirausaha Anda juga bisa memberikan contoh kepada orang lain tentang bagaimana cara bekerja keras.

Adapun keuntungan yang bisa anda dapatkan untuk diri anda sendiri dalam ruang lingkup wirausaha diantaranya, anda tidak terikat dengan waktu dan perintah karena anda sendiri yang menjadi bos untuk usaha anda. Keuntungan yang anda dapatkan pun akan maksimal. Selain itu, dengan berwirausaha anda bisa dengan leluasa menentukan tujuan usaha kedepannya sesuai dengan yang anda inginkan.

Nah, itu tadi adalah penjelasan tentang apa itu wirausaha dan apa saja ruang lingkup wirausaha. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat.

Gravatar Image
Blog ini dibangun dengan tujuan ingin berbagi kepada rekan rekan pengunjung yang membutuhkan informasi dan referensi peluang bisnis dan UKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *