Tips Peluang Usaha Pertanian Organik

Tips Peluang Usaha Pertanian Organik

Tips peluang usaha pertanian organik adalah pembahasan mengenai saran-saran dalam memanfaatkan peluang usaha di bidang pertanian organik. Indonesia terkenal sebagai salah satu negara agraris dengan lahan pertanian yang cukup luas dan hasil dari pertanian yang melimpah.

Pertanian di Indonesia di dukung dengan keberadaan tanahnya yang subur. Namun sayangnya masih kurang kesadaran para petani dalam menggunakan pupuk berbahan alami. Mereka cenderung selalu menggunakan pupuk berbahan kimia yang dapat merusak ekosistem tanah dan berpengaruh juga kepada kesuburan tanah nantinya. Selain itu, penggunaan pupuk dengan bahan-bahan kimia juga berbahaya pada hasil pertaniannya.

Hasil pertanian tersebut telah terkontaminasi oleh penggunaan pupuk berbahan kimia yang jika di konsumsi dalam waktu lama bisa menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan.

Namun, ada kelompok masyarakat tertentu yang sadar akan pentingnya mengkonsumsi hasil pertanian yang bebas dari pupuk berbahan kimia. Oleh karena itu mereka lebih memilih mengkonsumsi hasil pertanian organik. Tapi sayangnya, masih sedikit sekali orang yang mengembangkan pertanian organik. Hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda yang memiliki minat terhadap bidang pertanian organik.

Tak usah bingung bagaimana memulai usaha ini. Karena dalam artikel ini akan di bahas mengenai tips peluang usaha pertanian organik. Simak saja uraian selengkapnya di bawah ini yang sengaja Tabloid Bisnis sajikan untuk Anda.

Tips peluang usaha pertanian organik antara lain adalah sebagai berikut ini :

• Melakukan Riset

Langkah pertama yang akan di bahas dalam tips usaha pertanian organik ini adalah melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang di lakukan berupa mencari informasi sebanyak mungkin mengenai seluk beluk pertanian organik ini. Apalagi kalau Anda bukan orang yang ahli dalam bidang pertanian melakukan riset sangatlah penting untuk di lakukan.

Anda bisa melakukan riset dengan membaca buku-buku mengenai pertanian organik, bisa pula berkonsultasi dengan orang yang ahli di bidang pertanian organik atau pun terjun langsung mengikuti kegiatan pelatihan pertanian organik. Hasil riset yang Anda lakukan sebagai bekal Anda dalam memulai usaha di bidang pertanian organik nantinya.

• Melakukan Perencanaan Bisnis

Setelah Anda cukup mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah pertanian organik maka langkah berikutnya Anda bisa melakukan perencanaan bisnis.

Dalam perencanaan bisnis ini Anda harus menentukan beragam hal seperti menentukan jumlah modal yang sesuai, menentukan akan jenis tanaman yang akan di tanam di pertanian organik Anda, menentukan peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung pertanian organik Anda, menentukan berapa luas lahan yang dibutuhkan untuk pertanian organik Anda, menentukan berapa jumlah pekerja, menentukan bagaimana pemasaran hasil pertanian Anda dan hal-hal lainnya yang harus Anda tentukan dengan matang dan penuh perhitungan.

• Merealisasikan Perencanaan Bisnis

Selanjutnya Anda harus merealisasikan atau mewujudkan rencana bisnis yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Wujudkan satu per satu rencana bisnis Anda, jangan terburu-buru. Jika satu rencana telah direalisasikan dengan sempurna Anda bisa beralih ke rencana yang lainnya.

Misalnya Anda sudah membeli lahan untuk pertanian organik Anda, kemudian Anda bisa membeli peralatan yang di butuhkan.

Artikel mengenai tips peluang usaha pertanian organik telah selesai di sampaikan pada uraian di atas. Selain tips-tips di atas, ada hal yang perlu Anda perhatikan yakni sertifikasi.

Adanya program sertifikasi untuk pertanian organik bisa menjadi nilai kepercayaan masyarakat kepada produk pertanian organik yang Anda hasilkan. Selain itu, adanya sertifikasi ini memungkinkan hasil pertanian organik Anda menembus pasar internasional. Sehingga daya jangkau pemasaran hasil pertanian organik Anda lebih luas dan keuntungan yang di dapat pun lebih banyak.

2

No Responses

Write a response