Tips Merintis Peluang Usaha Sembako

Tips Merintis Peluang Usaha Sembako

Tips merintis peluang usaha sembako merupakan artikel yang akan mengupas cara-cara merintis dan memanfaatkan peluang usaha di bidang sembako. Sembako merupakan kebutuhan pokok yang paling mendasar yang harus di penuhi.

Biasanya kebutuhan sembako yang paling lengkap sudah tersedia di pasar tradisional dan juga pasar swalayan modern. Tapi ada juga sebagian orang yang malas untuk pergi ke pasar jika kebutuhan sembako yang di butuhkannya hanya berupa hal-hal kecil. Misalnya saja hanya perlu untuk membeli sabun mandi. Oleh karena itu keberadaan toko atau warung yang menyediakan kebutuhan sembako sangat di perlukan.

Hal di atas bisa menjadi peluang usaha untuk Anda yakni membuka toko atau warung yang khusus menyediakan kebutuhan sembako.

Apalagi kalau di sekitar lingkungan Anda belum ada yang membuka warung atau toko sembako, tidak adanya saingan akan memudahkan bisnis Anda di bidang sembako ini. Namun sebelum Anda memulai bisnis sembako ini, ada beberapa hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam merintis berbisnis sembako.

Untuk memudahkan Anda dalam merintis bisnis di bidang sembako tersebut, maka kali ini Tabloid Bisnis akan mencoba berbagi mengenai tips merintis peluang usaha sembako agar dapat meminimalisir resiko terjadinya kerugian.

Tips merintis peluang usaha sembako adalah sebagai berikut :

• Modal Usaha

Hal pertama yang harus di perhatikan dalam merintis peluang usaha sembako adalah memperhatikan modal usaha. Modal usaha yang harus Anda persiapkan meliputi modal untuk membuat toko, membeli perlengkapan toko misalnya saja etalase untuk memajang barang-barang dagangan Anda, modal untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan untuk di jual kembali di toko Anda serta biaya untuk kebutuhan lain yang tak boleh Anda lewatkan.

• Letak Toko Sembako

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam merintis peluang usaha sembako adalah memperhatikan letak toko Anda. Seperti yang telah disinggung di atas, tidak adanya saingan dalam bidang usaha sembako akan memudahkan Anda dalam berbisnis.

Maka tak masalah jika Anda membuat toko sembako di halaman rumah Anda. Karena pangsa pasar Anda adalah tetangga-tetangga Anda yang membutuhkan kebutuhan sembako. Namun untuk memudahkan Anda dalam memperoleh konsumen jumlah yang lebih banyak, maka Anda harus membuat toko kelontong di lokasi yang strategis.

• Memperhatikan Kelengkapan Toko Sembako

Hal ketiga yang harus diperhatikan dalam merintis peluang usaha sembako adalah memperhatikan kelengkapan toko sembako. Toko sembako yang lengkap akan menarik banyak konsumen untuk membeli kebutuhan sembakonya di toko Anda. Semakin lengkap dan beragam kebutuhan sembako yang tersedia di toko Anda akan semakin baik dan menjadi nilai lebih bagi toko Anda.

• Harga Sembako

Hal keempat yang harus di perhatikan dalam merintis peluang usaha sembako adalah memperhatikan harga sembako. Untuk menarik perhatian konsumen sebaiknya Anda, menerapkan harga sembako yang lebih murah dan lebih terjangkau oleh para konsumen Anda.

• Bersikap Ramah

Hal kelima yang harus di perhatikan dalam merintis peluang usaha sembako adalah cobalah bersikap ramah terhadap konsumen yang datang ke toko sembako Anda. Pelayanan yang ramah dan baik akan meninggalkan kesan yang baik pula di benak para konsumen. Sehingga mereka tak segan untuk datang lagi berbelanja di toko sembako Anda.

Itulah beberapa tips merintis peluang usaha sembako yang bisa Anda praktekkan jika membuka toko sembako Anda sendiri. Jangan lupa untuk menerapkan sistem pembukuan pada usaha sembako yang Anda rintis. Hal ini berguna untuk mengontrol keuangan yang di hasilkan dari usaha toko sembako Anda.

1

No Responses

Write a response