Produk-Usaha

Macam Macam Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Macam macam usaha rumahan yang ada di majalah ataupun media internet memberikan kita kebebasan dalam memilih media bisnis mana yang sesuai dengan karakter bisnis kita. Namun terkadang banyaknya peluang yang ditawarkan justru menjadikan kita kesulitan dalam menentukan tawaran mana yang akan kita ambil dan jalankan.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara memilih macam macam usaha rumahan berdasarkan beberapa indikator bisnis yang spesifik :

Bermanfaatkah Produk Yang Ditawarkan?

Untuk bisa mengetahui nilai dan manfaat sebuah produk maka ada sebuah tips yang sangat jitu untuk membantu Anda. Walaupun nantinya Anda akan menjadi seorang pelaku bisnis rumahan namun yang perlu disadari dan dipastikan adalah bahwa sebelumnya Anda adalah salah seorang konsumen produk tersebut. Dengan kesadaran tersebut maka cobalah gali lebih dalam lagi ke dalam diri apakah produk tersebut memang berhasil memberikan manfaat kepada diri Anda?Jika jawabannya adalah “Ya” maka lanjutkan ke indikator selanjutnya.

Pemahaman Produk

Setelah Anda memastikan adanya manfaat produk tersebut terhadap diri Anda maka coba kembali untuk menggali “Apakah Anda telah banyak memahami detail dari produk tersebut? Jika belum banyak yang Anda pahami apakah Anda akan mampu menguasai detail produk tersebut untuk kemudian Anda bisa bagikan info tersebut kepada klien Anda?” Jika jawabannya “Ya” maka lanjutkan ke indikator selanjutnya, jika jawabannya “Tidak” maka sangat bijaksana apabila Anda mulai mencari macam macam usaha rumahan yang lainnya.

Potensi Komplain

Banyak orang yang jatuh di titik ini, setelah manfaat dan pemahaman produk sudah terkuasai jangan lupa untuk mempelajari potensi komplain klien terhadap produk tersebut. Sebagai contoh : bisnis rumahan membuat ukulele – manfaat produk sudah sangat jelas akan berguna untuk orang yang berminat untuk mempelajari atau memperdalam skill bermain ukulele, pemahaman produk juga Anda sangat memahaminya karena Anda memang seorang pemain ukulele.

Namun coba teruskan dengan pertanyaan apakah Anda siap secara waktu, mental, dan biaya jika suatu saat nanti Anda harus menghadapi komplain atas produk yang telah Anda buat?Jika Anda merasa tidak mampu menanggung hal tersebut maka cobalah untuk mencari macammacam usaha rumahan yang lainnya.

Strategi Percepatan

Setelah ketiga indikator diatas terlewati dengan baik dengan “Ya” atas semua pertanyaan yang telah Anda buat, maka ini waktu yang tepat bagi Anda untuk memikirkan strategi percepatan atas produk tersebut. Percepatan yang dimaksud bisa dari sisi produksi maupun pemasaran – terkadang ada bisnis rumahan yang tidak memerlukan produksi yang rumit karena mungkin hanya bersifat pengemasan dan pemasaran saja, di dalam bisnis model ini sangat memungkinkan untuk Anda melakukan percepatan, Anda bisa mengajak sanak saudara dan tetangga untuk ikut membantu Anda dalam memenuhi kuantitas yang ingin Anda raih.

Namun tidak demikian dengan contoh pengrajin ukulele diatas, karena sifatnya adalah keahlian, Anda tidak akan mudah untuk menduplikasikan keahlian tersebut kepada pihak lain. Mungkin Anda bisa menggunakan percepatan dengan model lain – sebagai contoh Anda bisa membuat efisiensi waktu dengan cara mengadakan mesin-mesin produksi yang memadai sehingga Anda bisa memenuhi kuantitas yang diinginkan tanpa harus menambah banyak tenaga kerja.

Pemasaran

Jangan lupa untuk tidak melupakan poin ini, karena pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah kegiatan bisnis atau usaha rumahan. Gunakan pengalaman Anda selama menjadi konsumen untuk berusaha memahami psikologis pelanggan Anda, berikan pelayanan yang terbaik kepada mereka sehingga bisnis rumahan yang Anda lakukan bisa menjadi embrio dari sebuah raksasa bisnis masa depan.

4

No Responses

Write a response