Contoh Peluang Usaha Di Desa

Contoh Peluang Usaha Di Desa

Contoh peluang usaha di desa ialah artikel yang akan mengulas mengenai berbagai contoh-contoh peluang usaha yang bisa di kembangkan di desa. Selama ini pola pikir masyarakat berusia produktif yakni masyarakat yang sudah memasuki usia kerja telah terbatasi oleh pemikiran “untuk bekerja kepada orang lain” bukan “menciptakan peluang kerja untuk orang lain”.

Artinya mereka cenderung berpikir untuk menjadi pekerja atau buruh bagi perusahaan-perusahaan yang memang membuka lapangan pekerjaan. Mereka cenderung mengabaikan pikiran untuk menciptakan peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan dan membuka peluang kerja bagi orang-orang sekitarnya. Mengapa mereka mengabaikan pemikiran tersebut?

Karena mereka terkendala modal untuk mewujudkan peluang usaha. Tidak adanya modal usaha membuat mereka menyerah dan lebih memilih menjadi pekerja saja di kota-kota besar yang menyediakan banyak lowongan kerja. Hal inilah yang menyebabkan besarnya angka urbanisasi yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Paradigma pemikiran seperti itu sebaiknya di hilangkan dalam benak Anda. Dan mulai menanamkan mental pengusaha yang mampu membangun desa Anda melalui peluang usaha yang akan Anda ciptakan tersebut. Selain itu hilangkan juga pemikiran bahwa memulai suatu usaha memerlukan modal yang besar.

Modal bukanlah hal utama dalam memulai usaha akan tetapi semangat berwirausaha yang perlu Anda jadikan hal utama dalam memulai usaha. Sehingga Anda tidak akan mudah menyerah bila mengalami kesulitan.

Untuk membantu Anda dalam menemukan ide peluang usaha yang cocok di kembangkan di desa Anda, berikut ini akan di uraikan pembahasan tentang contoh peluang usaha di desa yang telah Tabloid Bisnis ambil dari beberapa sumber agar dapat membantu Anda.

Contoh peluang usaha di desa antara lain adalah sebagai berikut ini :

• Tanaman Hias

Suasana pedesaan yang sejuk dengan tanahnya yang subur dapat di manfaatkan sebagai lahan untuk mengembangkan usaha tanaman hias. Tak perlu lahan yang luas dalam memulai usaha tanaman hias ini. Anda bisa memulai usaha ini dari pekarangan rumah Anda yang ada di desa.

Jika Anda tak punya halaman yang cukup Anda bisa memanfaatkan media tanam seperti pot. Memulai usaha ini pun tak perlu modal yang besar. Anda hanya perlu menanam bibit-bibit tanaman hias sampai tumbuh dengan indah lalu Anda pasarkan ke kota-kota besar. Tanaman hias ini sangat di perlukan untuk menghias interior gedung-gedung perkantoran maupun untuk keperluan menghias interior rumah.

Selain itu, Anda bisa mengajak orang-orang di desa Anda untuk turut serta mengembangkan peluang usaha tanaman hias ini. Jika mereka tertarik, dapat di bayangkan di halaman rumah warga-warga di desa Anda terdapat tanaman hias yang siap untuk di pasarkan. Kalau kondisi sudah seperti itu, Anda bisa menciptakan peluang usaha lain yakni dengan membuat desa Anda menjadi desa wisata atau desa sentra/pusat tanaman hias.

• Membudidayakan Ikan Lele

Perairan di pedesaan nampak masih alami dan tidak tercemar seperti perairan yang berada di kota-kota besar. Pada umumnya perairan di kota-kota besar sudah tercemar oleh limbah-limbah pabrik yang berbahaya. Sehingga membudidayakan beberapa jenis ikan di kota nampaknya kurang cocok. Oleh karena itu desa merupakan tempat yang cocok dalam membudidayakan ikan, seperti ikan lele.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak sekali rumah makan di kota-kota besar yang menyediakan menu ikan lele. Hal ini bisa menjadi peluang usaha untuk Anda yakni menjadi pemasok kebutuhan ikan lele untuk konsumsi masyarakat yang ada di kota-kota besar.

Masih banyak contoh peluang usaha di desa yang bisa Anda temukan di desa Anda. Kuncinya adalah Anda harus jeli dalam melihat potensi yang Anda di desa Anda dan harus bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi Anda khususnya serta umumnya bagi warga masyarakat yang ada di desa Anda.

1

No Responses

Write a response